Foto Tara Basro disebut langgar UU ITE, Kominfo: Bukan “di-take down”

Foto Tara Basro disebut langgar UU ITE, Kominfo: Bukan "di-take down"

Rabu, 4 Maret 2020 17:14 WIB

Tara Basro berpose saat menghadiri acara Pengumuman Nominasi Festival Film Indonesia 2019 di Jakarta, Selasa (12/11/2019). (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

Bukan di-take down oleh KominfoJakarta (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Kepala Biro Humas, Ferdinandus Setu menyatakan foto Tara Basro yang diunggah di platform media sosial belum sempat diturunkan (take down) oleh Kominfo, kendati unggahan itu memenuhi unsur pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE)
"Bukan di-take down oleh Kominfo," kata pelaksana tugas Kepala Biro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu, saat dihubungi Antara, Rabu.
Artinya, foto tersebut bisa jadi di-report oleh warganet atau diturunkan sendiri oleh pemilik akun.
Tara Basro mengunggah fotonya di platform media sosial, kemudian membagikan cerita bagaimana dia mencintai dan menghargai tubuhnya sendiri.
Unggahan di Twitter tersebut kini sudah tidak bisa diakses.
Menurut dia, unggahan tersebut dihapus oleh Tara Basro, bukan diturunkan oleh Kominfo. Kementerian menghargai langkah menghapus foto tersebut, kendati Kominfo juga memahami maksud sang aktris yang mengajak setiap orang mencintai tubuh sendiri.
Baca juga: Tara Basro tak sembunyikan lemak, "gue cinta sama tubuh gue"
Baca juga: Adu akting bareng Tara Basro, Lutesha: Deg-degan
Kementerian menilai unggahan yang sudah dihapus tersebut memenuhi unsur pelanggaran UU ITE terutama pasal 27 ayat 1 tentang kesusilaan.
Tara Basro juga mengunggah foto lainnya di platform Instagram, juga untuk mengajak para pengikutnya untuk menghargai tubuh sendiri. Foto tersebut menurut Kominfo tidak tergolong pelanggaran.
Aktris Tara Basro pagi ini mengunggah fotonya dan membagikan cerita bagaimana dia melihat tubuhnya dari sudut pandang yang negatif.
"Andaikan kita lebih terbiasa untuk melihat hal yang baik dan positif, bersyukur dengan apa yang kita miliki dan make the best out of it daripada fokus dengan apa yang tidak kita miliki. Setelah perjalanan yang panjang gue bisa bilang kalau gue cinta sama tubuh gue dan gue bangga akan itu. Let yourself bloom," tulis Tara.
Dalam sebuah wawancara tahun lalu, Tara bercerita pernah ditolak untuk bermain film karena belum mewakili perempuan cantik.
Model dan pemain film dengan nama panjang Andi Mutiara Pertiwi Basro itu membintangi sederet film antara lain "A Copy of My Mind", "3 Srikandi", "Gundala", "Catatan (Harian) Si Boy", "Pendekar Tongkat Emas", juga "Perempuan Tanah Jahanam" dan "Pengabdi Setan"
Ia juga pernah tampil dalam pentas teater "Perempuan Perempuan Chairil" pada 2017.
Baca juga: Pernah ditolak main film, Tara Basro merasa tak cantik
Baca juga: Digantung terbalik, pembuluh darah Tara Basro pecah
Baca juga: Tara Basro ogah sendirian di lokasi syuting "Perempuan Tanah Jahanam"

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

ANTARA

Comments

comments

Leave a Reply

Skip to toolbar