“Parasite” pecahkan rekor “box office” setelah menang Oscar

"Parasite" pecahkan rekor "box office" setelah menang Oscar

Senin, 17 Februari 2020 08:43 WIB

Salah satu adegan dalam film "Parasite" (ANTARA/Neon Studio)

Jakarta (ANTARA) – "Parasite" karya Bong Joon Ho sedang menuai kekayaan di box office setelah dinobatkan sebagai film terbaik di Oscar 2020.
Dilansir Variety, Senin, film thriller asal Korea Selatan ini mengumpulkan 5,5 juta dolar Amerika Serikat selama akhir pekan. Film ini juga mengalami peningkatan luar biasa yakni sebesar 234 persen dalam penjualan tiket dan peningkatan pasca-Oscar terbesar untuk pemenang film terbaik selama dekade terakhir.
Dalam tujuh hari sejak Academy Awards pada 9 Februari, "Parasite" telah menghasilkan 8,8 juta dolar mewakili 20 persen dari penghitungan domestiknya. Hingga saat ini, "Parasite" telah menghasilkan 44 juta dolar di Amerika Serikat dan merupakan hasil yang sangat besar untuk film berbahasa asing.
"Parasite" juga memiliki lonjakan yang besar pada akhir pekan ini di luar negeri, menambahkan 12,7 juta dolar lagi sehingga pendapatan internasionalnya menjadi 161 juta dolar.
Baca juga: Menang Oscar, "Parasite" akan tayang ulang di bioskop Amerika Utara
Baca juga: "Parasite" sabet empat piala Oscars dan daftar pemenang lainnya
Angka tersebut pun mendorong "Parasite" melewati angka 200 juta dolar di seluruh dunia dengan penjualan tiket saat ini berada di 204 juta dolar.
"Parasite" menjadi film non-Inggris pertama dalam sejarah yang membawa pulang Academy Award untuk film terbaik. Dari enam nominasi Oscar, ia juga memenangkan skenario film asli, sutradara dan fitur internasional.
Meskipun telah tersedia lewat layanan video rumahan sejak Januari, distributor domestiknya Neon memperluas penayangan "Parasite" menjadi 2.001 bioskop di Amerika Utara setelah meraih berbagai penghargaan pada musim ini.
Fakta ini menjadikan "Parasite" sebagai film berbahasa asing dengan rilisan terluas setelah "Kung Fu Hustle" yang diputar di 2.403 lokasi. Baca juga: Patung dan museum Bong Joon Ho diusulkan di Korea Selatan
Baca juga: Tilda Swinton dikabarkan akan bintangi serial adaptasi "Parasite"
Baca juga: Mark Ruffalo disebut akan bintangi serial adaptasi "Parasite"

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

ANTARA

Comments

comments

Leave a Reply

Skip to toolbar