“Parasite” raih “Best Original Screenplay” di Oscar 2020

"Parasite" raih "Best Original Screenplay" di Oscar 2020

Senin, 10 Februari 2020 09:59 WIB

Sutradara film "Parasite" Bong Joon-ho dan penulis naskah Han Jin-won saat menerima Oscar 2020 (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) – "Parasite" meraih Best Original Screenplay di Academy Awards 2020, Los Angeles, Minggu (9/2) waktu setempat, kemenangan ini membuat sejarah baru dan menjadikannya sebagai film Korea Selatan pertama yang memenangkan Oscar.
Film arahan sutradara Bong Joon-ho ini berhasil mengalahkan Sam Mendes dan Krysty Wilson-Cairns dengan "1917", Rian Johnson "Knives Out", "Marriage Story" Noah Baumbach dan "Once Upon a Time in Hollywood" Quentin Tarantino.
Ketika Bong Joon-ho dan Han Jin-won naik panggung untuk menerima penghargaan, Bong berterima kasih kepada Academy Awards untuk kehormatan besar-nya.
"Menulis naskah selalu merupakan proses yang sepi. Kami tidak pernah menulis untuk mewakili negara kami. Ini sangat pribadi untuk Korea Selatan," ujar Bong dilansir The Hollywood Reporter, Senin.
"Saya berterima kasih kepada istri saya karena selalu menjadi inspirasi bagi saya. Saya berterima kasih kepada semua aktor yang bersama saya hari ini karena menghidupkan film ini," lanjutnya.
Rekan penulis Han mengucapkan terima kasih kepada Bong dan orang tuanya atas kemenangan tersebut, serta berbagi kemenangan dengan penulis naskah dan pembuat film Korea Selatan.
"Parasite" adalah film Asia pertama yang memenangkan penghargaan ini, berbagi ruang dengan pemenang film berbahasa asing sebelumnya termasuk "Divorce Italian Style", "A Man and a Woman" dan "Talk to Her".
Baca juga: Seluruh pemain utama "Parasite" akan hadir di Oscar
Baca juga: "Parasite" raih dua penghargaan di BAFTA
Baca juga: Film "Parasite" versi hitam putih tayang di Korea Selatan bulan depan

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

ANTARA

Comments

comments

Leave a Reply

Skip to toolbar