Kata-kata Menyentuh Joaquin Phoenix di Panggung Oscar

JawaPos.com – Aktor Joaquin Phoenix kembali menjadi bintang dalam malam penganugerahan Academy Awards ke-92. Sebab pemeran film ‘Joker’ mengukuhkan dirinya sebagai Aktor Terbaik Oscar. Akting Phoenix dan totalitasnya terbayar dengan hasil yang sangat memuaskan.

Dilansir dari CNN, Senin (10/2), dalam pidatonya, Joaquin phoenix menyampaikan pesan yang menyentuh. Joaquin menyebut soal persatuan, ketidaksetaraan gender, rasisme atau hak-hak lainnya.

“Kita berbicara tentang perang melawan ketidakadilan,” tegasnya.

“Kita berbicara tentang perang melawan kepercayaan bahwa satu bangsa, satu orang, satu ras, satu jenis kelamin atau satu spesies memiliki potensi untuk mendominasi, mengendalikan dan menggunakan dan mengeksploitasi yang lain,” sambungnya.

Dia juga berharapa bahwa setiap orang bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi lebih baik. “Saya pernah menjadi bajingan dalam hidupku. Saya egois. Kadang-kadang saya kejam, sulit diajak bekerja sama, dan saya bersyukur bahwa banyak di antara kalian di ruangan ini yang memberiku kesempatan kedua, ” dia berkata.

“Ketika kita saling mendukung, kita saling membantu untuk tumbuh, ketika kita mendidik satu sama lain, ketika kita membimbing satu sama lain, itu adalah yang terbaik dari kemanusiaan,” tambah Joaquin.

Dia secara emosional mengutip lirik yang ditulis oleh almarhum saudaranya, River Phoenix, ketika dia berusia 17 tahun. “Jika berbuat baik, cinta dan kedamaian akan mengikuti,” katanya.

Penghargaan ini adalah Oscar pertama untuk Phoenix. Dia sebelumnya dinominasikan untuk ‘The Master’, ‘Walk the Line’ dan ‘Gladiator’.

Perlu diketahui, Joaquin bukanlah orang pertama yang berhasil menyabet Oscar karena berperan sebagai Joker. Orang pertama yang memenangkan Oscar untuk memerankan tokoh Joker adalah Heath Ledger, yang menang pada 2009 dalam ‘The Dark Knight’.

Pada 2005, Joaquin dan Ledger saling bersaing dalam kategori aktor terbaik untuk peran mereka masing-masing di ‘Walk the Line’ dan ‘Brokeback Mountain’. Mereka kalah tahun itu oleh mendiang Philip Seymour Hoffman, yang menang atas film ‘Capote’.

SUMBER

Comments

comments

Leave a Reply

Skip to toolbar