Didi Kempot Tak Masuk Nominasi Billboard Indonesia Music Awards 2020

JawaPos.com – Ajang pemberian penghargaan untuk insan musik Tanah Air, Billboard Indonesia Music Awards 2020, secara resmi telah mengumumkan daftar nominasi lengkapnya beberapa waktu lalu. Nama Didi Kempot tidak tercantum sama sekali di nominasi manapun.

Untuk lagu berbahasa Jawa, nominasinya diwakili oleh Denny Caknan lewat lagu bertajuk ‘Kartoyono Medot Janji’. Denny Caknan menjadi satu-satunya penyanyi berbahasa Jawa yang masuk nominasi Billboard Indonesia Music Awards 2020.

Denny masuk dalam kategori Top Streaming Song of The Year (video) dimana lagu tersebut sudah ditonton lebih dari 100 juta kali di YouTube. Di kategori ini, Denny Caknan bersaing dengan Judika (Cinta Karena Cinta), Andmesh (Cinta Luar Biasa), Ilir 7 (Salah Apa Aku) dan Budi Doremi (Tolong).

Adib Hidayat selaku Editor in Chief Billboard Indonesia mengatakan, masuknya lagu berbahasa Jawa dalam daftar nominasi Billboard Music Awards 2020 karena pihaknya tidak pernah membatasi genre lagu.

“Kami tidak membatasi genre. Untuk lagu berbahasa Jawa, Denny Caknan kan masuk. Karena memang dia secara view, number dan kehadiran dia sosial media tinggi sekali. Otomatis secara data dia masuk nominasi,” terang Adib Hidayat kepada JawaPos.com.

Menyoal tidak masuknya Didi Kempot yang namanya melejit di tahun 2019, Adib mengatakan bahwa kejhadiran Didi Kempot di industri musik Indonesia tidak mewakili sebuah karya tertentu. Sehingga ketika dilihat secara statistik, nama Didi Kempot tidak masuk dalam daftar 100 peringkat tertinggi pada tangga lagu.

“Didi Kempot sampai minggu kemarin belum ada satu pun lagunya yang masuk. Cuma memang secara nama, secara fenomena, dia memang luar biasa besar. Tapi boleh dibilang kehadiran Didi Kempot tidak diwakili oleh satu lagu khusus yang membuat orang fokus mendengarkan lagu tertentu. Yang populer kan namanya dan lagu-lagunya kan banyak sekali. Itu yang memuat tidak spesifik,” paparnya.

Berbeda dari ajang pemberian penghargaan lainnya, Bilboard Indonesia Music Awards yang baru pertama kalinya digelar di tahun ini memilih nominasi berdasarkan data yang masuk 100 peringkat tertinggi pada tangga lagu. Bukan hanya di tangga lagu Billboard, tapi juga tangga lagu dari platform lain. Selain itu, pemberian penghargaan ini juga menjaring nominasi dari data trending di sosial media.

Malam puncak Billboards Indonesia Music Awards 2020 akan digelar pada 26 Februari 2020 dan tayang secara live di RCTI.

SUMBER

Comments

comments

Leave a Reply

Skip to toolbar