Hargai Karya Anak Bangsa, Sutradara Joko Anwar Minta Stop Pembajakan

JawaPos.com – Pembajakan film dan musik di Indonesia masih sangat tinggi angkanya. Meskipun beberapa waktu lalu situs film ilegal IndoXXI sudah resmi ditutup oleh pemerintah, tapi nyatanya sampai sekarang masih banyak situs sejenis yang masih bisa diakses dengan mudah.

Tentunya hal itu tentu sangat merugikan dunia perfilman. Sebut saja, kerugian yang dialami akibat tingginya angka pembajakan film di Indonesia diperkirakan mencapai puluhan triliun dalam setiap tahunnya.

Berdasarkan hasil riset dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) pada 2017, ditemukan potensi kerugian akibat pembajakan film diperkirakan mencapai 1,4 trilliun. Padahal, riset tersebut baru dilakukan di 4 kota yakni Jakarta, Medan, Bogor, dan Deli Serdang.

Sementara itu, Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (Asiri) pada 2017 juga sempat merilis kerugian akibat pembajakan musik di Indonesia. Total kerugiannya diperkirakan mencapai Rp 8,4 triliun. Sementara kerugian pembajakan sofware kerugiannya bisa mencapai Rp 12 triliun.

Sutrada Joko Anwar ikut prihatin atas tingginya pembajakan film di Indonesia. Dari pada melakukan pembajakan sebuah karya film, dia menyarankan untuk memanfaatkan platform digital yang tentu tidak akan terlalu menguras isi kantong.

“Stop nonton bajakan! Hargai dan dukung karya bangsa sendiri,” kata Joko Anwar seraya mempromosikan filmnya yang tayang di platform aplikasi digital.

Sebab, ia mengakui, film ‘Gundala’ yang dibuatnyakini juga bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia melalui platform aplikasi digital mulai 18 Januari 2020 seperti Vidio. Bekerja sama dengan Screenplay Bumilangit, Vidio kembali membuat gebrakan di awal tahun dengan menghadirkan Gundala secara eksklusif hanya di Vidio.

“Gundala dapat dinikmati mulai tanggal 18 Januari 2020 dengan berlangganan Vidio Premier,” kata Ade Muti Dilapanga selaku Head of Marketing Vidio dalam rilis pers yang diterima JawaPos.com.

Seperti diketahui, film ‘Gundala’ karya Joko Anwar sempat meraih sejumlah penghargaan dari dalam dan luar negeri. Film tersebut sukses membuktikan bahwa Indonesia juga mampu membuat karya film di genre super hero. Film ‘Gundala’ tentunya memanjakan mata dengan sensasi menegangkan sekaligus menakutkan. Meski begitu, para penonton akan tetap dapat menikmatinya.

Berbeda dengan genre film action Indonesia pada umumnya, Gundala memanjakan para pecinta film nasional dengan menyajikan nuansa baru. Film ini tidak hanya menyajikan aksi-aksi seru dari para pemainnya, tapi juga menggugah hati.

SUMBER

Comments

comments

Leave a Reply

Skip to toolbar