“Parasite” dominasi kemenangan di Blue Dragon Awards Korea 2019

"Parasite" dominasi kemenangan di Blue Dragon Awards Korea 2019

Minggu, 24 November 2019 10:37 WIB

Aktor Song Kang-ho, Lee Sun-kyun, dan Choi Woo-shik berpose bersama dalam penayangan film "Parasite" (Gisaengchung) di Festival Film Cannes ke-72 di Cannes, Prancis, Rabu (22/5/2019). (REUTERS/JEAN-PAUL PELISSIER)

Jakarta (ANTARA) – Film garapan sutradara Bong Joon-ho "Parasite" mendominasi kemenangan dalam salah satu penghargaan film bergengsi Korea Selatan, Blue Dragon Awards 2019 yang dihelat di Paradise City, Incheon, Korea Selatan.
Dilansir dari Yonhap, Minggu, "Parasite" berhasil membawa pulang lima piala termasuk film terbaik, sutradara dan pengarah seni terbaik.
Sementara, Cho Yeo-jeong dan Lee Jung-eun masing-masing memenangkan piala untuk aktris terbaik dan aktris pendukung terbaik.
Kemenangan ini menjadikan "Parasite" sebagai film ketiga terbaik Bong Joon-ho di ajang Blue Dragon Awards, setelah "Host" (2006) dan "Mother" (2009).
"Terima kasih telah memberi saya penghargaan besar ini. Aku akan menjadi parasit paling kreatif di kancah film Korea selamanya," kata Bong setelah menerima penghargaan sutradara terbaik.
"Parasite" adalah kandidat terkuat untuk beberapa trofi karena sudah memenangkan Palme d'Or, penghargaan tertinggi di Festival Film Cannes, yang pertama dalam sejarah film Korea. Itu juga berhasil menarik audiensi lebih dari 10 juta orang di Korea Selatan saja.
Sementara itu, Jung Woo-sung dari "Innocent Witness" dinobatkan sebagai aktor terbaik, dan penghargaan aktor pendukung terbaik diberikan kepada Jo Woo-jin untuk perannya dalam "Default."
Park Hae-soo mencetak aktor gong baru terbaik untuk penampilannya dalam "By Quantum Physics: A Nightlife Venture," sementara Kim Hye-jun dinobatkan sebagai aktris baru terbaik untuk "Another Child."
Lebih lanjut, penghargaan sutradara pendatang baru terbaik diberikan kepada Lee Sang-geun dari "Exit," sementara "House of Hummingbird" mendapatkan skenario terbaik.
Baca juga: "Parasite" masuk nominasi Film Asia Terbaik Australia Academy AACTA
Baca juga: "Parasite" jadi film berbahasa asing terlaris di Amerika Utara
Baca juga: "Parasite" raup 1,3 juta dolar selama akhir pekan di AS

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

ANTARA

Comments

comments

Leave a Reply

Skip to toolbar