Weathering With You: Karya Indah yang Ternodai oleh Label Spin Off

JawaPos.com – Terkadang, kesuksesan besar sebuah film tidak mesti diikuti oleh sebuah sekuel atau spin off. Alih-alih kian mendompleng keberhasilan, hal ini justru bisa menimbulkan kekecewaan kepada para penontonnya. Inilah yang terjadi pada Tenki no Ko atau Weathering With You.

Weathering With You adalah film teranyar besutan animator kondang Makoto Shinkai yang baru saja rilis pada 21 Agustus lalu di Indonesia. Shinkai memang punya tantangan dan beban cukup besar kala menggarap film ini. Pasalnya, tiga tahun sebelumnya ia berhasil menelurkan sebuah masterpiece berjudul Kimi No Na Wa atau Your Name.

Keberhasilan Your Name yang begitu mendunia jelas membuat para pecinta film Shinkai punya ekspektasi tinggi terhadap Weathering With You. Hal yang tentunya sangat lumrah. Apalagi, Your Name nyaris saja masuk dalam nominasi Academy Awards 2019 kemarin.

Weathering With You sendiri bercerita tentang kisah unik Morishima Hodaka, seorang remaja yang tengah mengadu nasib di Tokyo, dengan Amano Hina, seorang gadis muda yang punya kekuatan mengendalikan cuaca.

Dipertemukan oleh takdir di kala Jepang sedang dilanda hujan besar non-stop, keduanya pun punya ide untuk membuka jasa pengusir hujan untuk mendapatkan uang. Namun, tanpa sepengetahuan Hodaka, keajaiban kekuatan Hina tersebut ternyata punya efek samping lain. Hina akan mengilang selama-lamanya jika ia terus menggunakan kekuatan itu.

Dengan premis yang sederhana, visual yang sangat indah dan memukau, serta scoring jempolan dari band rock Jepang Radwimps (yang juga mengisi musik di Your Name, Red), Weathering With You sebetulnya bisa menjadi film yang sangat apik. Beberapa momen antara Hodaka dan Hina dalam film tersebut juga berhasil membuat hati terenyuh.

Namun, sayang seribu sayang, para penonton kemudian dikejutkan oleh hal yang membuat hati campur aduk: Weathering With You ternyata merupakan spin off dari Your Name. Campur aduk karena fakta ini sempat membuat penonton terbelalak, namun kemudian segera kecewa.

Hal ini pun ditunjukkan secara terang-terangan ketika dua tokoh utama Your Name, Tachibana Taki dan Miyamizu Mitsuha tanpa tedeng aling-aling muncul begitu saja tanpa peran signifikan. Padahal, tanpa kemunculan mereka, cerita Weathering With You tetap bisa berjalan dengan mulus.

Kemunculan keduanya dalam film ini mungkin merupakan bagian dari strategi Shinkai untuk terus menghidupkan legacy Your Name yang saat ini merupakan film anime nomor 2 terlaris di Jepang (Nomor 1 masih dipegang oleh Spirited Away keluaran Studio Ghibli, Red). Namun, di satu sisi, kemunculan Taki dan Mitsuha juga menimbulkan kesan lain: Shinkai seakan tidak bisa move on dari kesuksesan Your Name.

Secara keseluruhan, Weathering With You tetap sebuah film apik yang layak ditonton, khususnya bagi penggemar drama anime. Sayang, film indah ini akhirnya jadi cacat karena tanpa eksistensinya masih menempel di bawah bayang-bayang besar Your Name.

SUMBER

Comments

comments

Leave a Reply

Skip to toolbar