Satu setengah jam berkejaran dengan hiu dalam “47 Meters Down”

Resensi film

Satu setengah jam berkejaran dengan hiu dalam "47 Meters Down"

Oleh Maria Cicilia Rabu, 28 Agustus 2019 07:52 WIB

Poster "47 Meters Down: Uncaged" (ANTARA News/ho)

Jakarta (ANTARA) – Bagaimana jika harus bermain "kucing-kucingan" dengan gerombolan ikan hiu putih yang siap menyantap apa saja yang ada di depannya? Setidaknya pengalaman tersebut dapat dirasakan melalui film "47 Meters Down: Uncaged" yang telah tayang di bioskop.
"47 Meters Down: Uncaged" berkisah tentang Grant (John Corbett) yang mengajak istrinya, Jennifer (Nia Long) dan kedua putri mereka, Sasha (Corinne Foxx) dan Mia (Sophie Nelisse) piknik di perairan Meksiko.
Sasha dan Mia yang semula punya rencana liburan masing-masing terpaksa menuruti agenda ayah mereka. Namun keduanya menyelinap dan menyelam untuk melihat bekas peradaban suku Maya di bawah laut. Sasha dan Mia pun ditemani Alexa (Brianne Tju) serta Nicole (Sistine Rose Stallone). Awalnya mereka tampak baik-baik saja, namun Nicole melihat sesuatu yang bergerak di antara bebatuan dan ternyata itu adalah sebuah pertanda buruk bagi keempatnya. Ikan hiu putih muncul dan menerjang mereka dan suasana menjadi semakin mencekam saat empat sekawan ini berusaha mencari jalan keluar.
Bersembunyi dari para hiu
Hampir sepanjang film, adegannya berada di bawah laut. Bersembunyi dari hiu, mencoba bertahan hidup dan mencari jalan keluar. Ketakutan demi ketakutan pun dibangun oleh sang sutradara, Johannes Roberts.
Tidak ada adegan bincang-bincang dalam film ini, interaksi antar pemain hanya sebatas instruksi untuk menyelamatkan diri.
Malahan, adegan antar manusia dan hiu lebih banyak ditampilkan. Ekspresi pemainnya pun tidak terlihat dengan jelas sebab keempatnya mengenakan baju penyelam lengkap.
Minim cerita
"47 Meters Down: Uncaged" tidak terlalu mengobral cerita, bahkan bisa dibilang sangat minim. Jangan mengharapkan adegan percintaan atau rasa persahabatan yang kental. Sebab fokus dan inti utama dari film ini adalah bagaimana bisa selamat dari kejaran para hiu.
Film ini juga banyak menggunakan jumpscare, setiap adegan dari awal mula film hingga akhir cukup sukses membuat terkaget-kaget bahkan deg-degan. Meski demikian, Johannes mampu meramunya untuk tetap penasaran sampai film selesai.
"47 Meters Down: Uncaged" adalah film tentang seni bertahan hidup. Namun jika biasanya klimaks dalam sebuah film berada di tengah-tengah, justru Johannes memilihnya pada bagian akhir.
Secara cerita, penokohan, pengambilan gambar, setting lokasi serta para pemainnya tidak ada yang spesial, namun film ini cukup mudah untuk dimengerti dan disukai serta menghibur apalagi bagi Anda yang ingin menguji adrenalin.
Baca juga: "Crawl", teror aligator di tengah badai mematikan
Baca juga: Film "Pretty Boys" terinspirasi dari dunia pertelevisian
Baca juga: "Ready or Not", kisah pengantin bermain petak umpet yang berbahaya

Oleh Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

ANTARA

Comments

comments

Leave a Reply

Skip to toolbar