Sengketa ‘Stairway to Heaven’ Berlanjut, Led Zeppelin Banjir Dukungan

JawaPos.com – Sejumlah musisi rock dan metal menyatakan dukungan mereka kepada band legendaris Led Zeppelin terkait lanjutan kasus dugaan plagiarisme lagu ‘Stairway to Heaven’. Para musisi ini bereaksi setelah kasus yang sebetulnya sudah dimenangkan Jimmy Page dan kawan-kawan pada 2016 lalu ini kembali dibuka dan akan digelar lagi pada September besok.

Untuk diketahui, sengketa ‘Stairway to Heaven’ berawal ketika band lawas bernama Spirit menuntut Led Zeppelin sudah memplagiat lagu mereka yang berjudul ‘Taurus’. Spirit bersikukuh bahwa intro lagu ‘Taurus’ dicuri oleh Page untuk dijadikan intro ‘Stairway to Heaven’.

Lewat proses persidangan, pengadilan akhirnya memutuskan bahwa sama sekali tidak ada unsur plagiarisme dalam lagu ‘Stairway to Heaven’ lantaran progresi kord yang berbeda. Led Zeppelin pun dinyatakan memenangkan sengketa itu.

Namun, dua bulan lalu, kasus ini kembali dibuka setelah tiga panel hakim di Pengadilan San Francisco mengatakan bahwa para anggota juri yang ada di persidangan tahun 2016 belum diberi penjelasan yang memadai tentang apa saja yang harus dibedah dalam kasus plagiarisme karya musik.

Menjawab hal tersebut, pengacara Led Zeppelin meminta agar sidang lanjutan kasus ini nanti melibatkan lebih banyak hakim dari sidang sebelumnya. Dilansir dari Loudwire, sidang pada bulanb September nanti akan dipimpin oleh 11 panel hakim.

Menyusul dibukanya kasus ini, sebanyak 123 musisi menyatakan dukungan mereka untuk Led Zeppelin. Mereka siap berkecimpung sebagai amicus curiae, di mana mereka bisa memberikan pendapat kepada pengadilan.

Deretan musisi dan band seperti Tool, KoRn, Sean Lennon, serta beberapa perkumpulan seperti Asosiasi Penulis Lagu Nashville, dan Penulis Lagu Amerika Bagian Utara sudah mengambil posisi tersebut.

Dalam keterangan yang mereka tulis dalam amicus, para musisi tersebut menyebutkan bahwa tuntutan yang dilakukan Spirit sebetulnya bisa sangat berbahaya untuk industri musik karena para musisi akan ketakutan dalam menciptakan karya.

“Led Zeppelin tidak pernah terbukti melakukan plagiarisme terhadap lagu ‘Taurus’. Persidangan sebelumnya sudah membuktikan bahwa tidak ada copyright yang dicuri. Opini seperti ini justru bisa membuat musisi lain ketakutan dalam berkarya karena akan muncul perasaan was-was bisa kena tuntutan dari pihak lain,” tulis amicus tersebut.

SUMBER

Comments

comments

Leave a Reply

Skip to toolbar