Anggy Umbara Bicara Soal Standar Film Lokal di Festival Internasional

JawaPos.com – Para insan film harus didorong untuk lebih kreatif dalam berkreasi menciptakan karya berkualitas supaya kualitas film lokal bisa berjaya di festival film internasional. Hal itu ditegaskan sutradara Anggy Umbara.

Sutradara film Warkop DKI Reborn dan Comic 8 itu mengatakan bahwa film Indonesia sudah memiliki standar untuk bisa ikut dipentaskan dalam festival fillm internasional. Menurutnya, ada beberapa elemen dasar yang harus diperhatikan semua sutradara jika mau filmnya bersaing di luar negeri.

“Sebenarnya menurut saya standar kualitasnya sudah lebih baik. Film internasional harus memperhatikan estetika, logika, dan jalan ceritanya. Ceritanya harus mengangkat kedalaman isu yang kuat. Eksekusinya harus menarik,” katanya.

Anggy mengatakan, ia dan para sineas lainnya sampai saat ini masih terus berkutat membuat film berkualitas yang bisa diakui oleh dunia. Adanya kekurangan dari elemen yang disebutkan di atas menjadi salah satu kendala sulitnya film Indonesia berbicara di level internasional.

“Banyak film-film Indonesia banyak yang diproduksi tapi nggak tayang di bioskop. Jadi tayangnya hanya di festival-festival,” kata Anggy.

Menurut Anggy, saat ini dia sedang menggarap beberapa film yang kemungkinan akan tayang di tahun 2020. Namun, ia belum bisa menyebutkan judul filmnya.

“Ada komedi, drama, remake, dan romance. Ada juga yang horor. Tahun ini kemungkinan dua film tayang,” jelasnya.

SUMBER

Comments

comments

Leave a Reply

Skip to toolbar