Keseruan Pemain Gundala Berlatih Silat Bareng Cecep Arief Rahman

JawaPos.com – Kehadiran film ‘Gundala’ memang ditunggu-tunggu pencinta film Indonesia. Direncanakan tayang pada 29 Agustus, para aktor yang terlibat dalam film superhero Indonesia itupun terus berlatih silat.

Kali ini sejumlah rekan media diajak mengintip latihan silat Abimana Aryasatya dan Hannah Al Rasyid yang begitu semangat berlatih silat bersama Cecep Arief Rahman. Yup, Cecep sendiri memang dipercaya menjadi koreografer film Gundala dan memerankan tokoh antagonis bernama Swara Batin.

Bertindak sebagai koreografer, Cecep sendiri memang punya teknik sendiri untuk mengimbangi kemampuan silatnya. Yakni dengan belajar menari.

“Dalam silat kadang kita perlu balance, untuk menyeimbangkannya itu dengan belajar menari,” ujar Cecep.

Film ‘Gundala’ memang menampilkan kebudayaan dan kearifan lokal seni bela diri pencak silat khas Indonesia. Tak heran jika para aktornya memang dipersiapkan untuk mampu luwes bergerak dalam aksi pencak silat.

Tapi sebenarnya, Abumana dan Hannah sudah memiliki pengetahuan yang cukup tentang pencak silat. Sebut saja, Abimana yang merupakan Ketua Pengurus Perguruan Silat Panglipur Jakarta bentukan Cecep Arief Rahman.

Sementara Hannah adalah atlet pencak silat di Inggris sebelum akhirnya dia memutuskan berkarir di dunia film Indonesia. Hannah Al Rashid mendapatkan medali emas tahun 2003 dan 2005 di kejuaraan dunia pencak silat. Sehingga tak heran jika sesi latihan mereka begitu luwes mengikuti arahan Kang Cecep bersama anggota lainnya yang juga ikut berlatih silat.

Ditemui usai latihan, Abimana merasa bangga karena dapat belajar silat langsung dengan Kang Cecep. Terlebih lagi, Abimana memang sudah lama berguru pada Kang Cecep.

“Saya memang maunya sama Kang Cecep makanya saya cari sampai ke Garut dan ketemunya di Jakarta, kuncinya tentu disiplin,” kata Abimana di Jakarta, Rabu (24/7).

Selain itu, tak cuma persiapan beladiri, Abimana khususnya harus latihan fisik untuk membentuk massa ototnya demi perannya. Abimana bahkan harus menurunkan berat badannya hingga 10 kilogram.

Dalam kesempatan yang sama, pencak silat memang bukan hal yang baru bagi Hannah. Dia seperti flashback ke masa remajanya. Sejak umur 16 tahun ketika masih tinggal di Inggris, Hannah belajar silat dari ayahnya yakni Aidinal Hamzah Al Rashid.

“Saya dari usia 16 tahun sudah belajar silat diajarkan ayah saya buka kelas pertama pencak silat di Inggris,” kata Hannah.

Perlu diketahui, film ‘Gundala’ dalam pengerjaannya melibatkan 1800 orang untuk adegan kolosal. Total syuting selama 53 hari dan produksi kurang lebih 2 tahun, ditulis selama 4 bulan oleh Joko Anwar.

Film garapan Joko Anwar akan menghadirkan Abimana Aryasatya sebagai Sancoko, sosok di balik jubah jagoan Gundala, aktris Tara Basro menjadi Wulan. Bront Palarae memegang peran Pengkor, serta Rio Dewanto dan Marissa Anita sebagai orangtua Sancoko, hingga Hannah Al Rasyid sebagai Cantika.

Tahun ini merupakan ulang tahun ke-50 karakter ciptaan Harya Suraminata (Hasmi) tersebut. Gundala pertama kali muncul dalam komik Gundala Putra Petir (Penerbit: Kentjana Agung, tahun rilis 1969). Gundala lahir di saat maraknya komik silat di pasaran, Hasmi bersama beberapa rekannya malah tampil dengan gaya berbeda, mengadaptasi komik asing namun diserap dengan kearifan lokal.

SUMBER

Comments

comments

Leave a Reply

Skip to toolbar