Cerita Unik Di Balik ‘Upaya Maksimal’, Single Terbaru The Rain

JawaPos.com – The Rain baru saja meluncurkan single terbaru mereka yang berjudul ‘Upaya Maksimal’. Ada kisah yang cukup unik di balik pembuatan lagu anyar band asal Jogjakarta tersebut.

Vokalis The Rain Indra Prasta menceritakan bahwa ‘Upaya Maksimal’ adalah lagu yang berkaitan dengan dua single mereka terdahulu, yakni ‘Hingga Detik Ini’ (2016) dan ‘Rencana Berbahaya’ (2018). Indra menceritakan, ‘Upaya Maksimal’ mengambil latar sebagai kisah terdahulu dari dua lagu pendahulunya.

“Lagu ini adalah prekuel dari dua single kami yang sebelumnya. Konsep ini kami gunakan karena cukup unik,” ujar Indra di kantor Jawa Pos, Selasa (16/7).

Menceritakan tentang perasaan kasmaran seorang laki-laki kepada perempuan yang tak lain adalah sahabatnya sendiri, Indra menjelaskan bahwa The Rain sudah memiliki konsep khusus terhadap lagu ini.

“Kami ciptakan dua tokoh yang bernama Jono dan Mira. Dua tokoh ini sudah kami hadirkan di video klip ‘Hingga Detik Ini’ dan ‘Rencana Berbahaya’ dalam bentuk dua pasang sepatu. ‘Upaya Maksimal’ sendiri adalah momen di mana Jono dan Mira berkenalan pertama kali,” ujar Indra.

Indra mengelaborasi lebih jauh bahwa lagu anyar ini lebih menitikberatkan pada betapa susahnya seorang laki-laki memulai pembicaraan kepada perempuan yang ia sukai. “Di sini digambarkan bagaimana susahnya mencari pick-up line ketika seorang laki-laki ingin mengajak kenalan seorang perempuan. Lagu ini intinya mau mewakili orang-orang yang sedang atau pernah mengalami hal ini,” kata Indra lagi.

Lebih lanjut, Indra menjelaskan bahwa secara timeline, ‘Upaya Maksimal’ adalah episode pertama pertemuan Jono dan Mira, yang kemudian dilanjutkan oleh ‘Rencana Berbahaya’ dan ‘Hingga Detik Ini’.

“Jadi memang kami sengaja bikinnya mundur-mundur terus, seperti seri Star Wars,” kelakar Indra.

‘Upaya Maksimal’ juga menjadi lagu pertama The Rain di mana mereka menggunakan ukulele dan mandolin yang sebelumnya tidak pernah mereka pakai. “Awalnya itu saya mengirim rekaman kasar konsep lagu ini dengan ukulele yang ada di rumah. Tapi ternyata sama teman-teman diminta teruskan rekam dengan ukulele karena suaranya bagus,” kata Indra.

Nantinya, saga Jono dan Mira akan diakhiri oleh satu single lain yang akan rilis akhir tahun nanti. “Single baru ini nantinya akan jadi penutup dari tetralogi kisah Jono dan Mira,” kata Indra.

SUMBER

Comments

comments

Leave a Reply

Skip to toolbar