Aghi Narottama Cerita Proses Pembuatan Musik Seram di Pengabdi Setan

Aghi Narottama Cerita Proses Pembuatan Musik Seram di Pengabdi Setan

JawaPos.com – Musik dalam sebuah film menjadi bumbu penting guna menghasilkan kesempurnaan. Bahkan, dalam sebuah film horor, musik adalah faktor penentu dari sebuah kengerian. Oleh karena itu, rasanya akan berbeda saat menonton film horor dengan menutup telinga.

Salah satu composer peraih Piala Citra untuk kategori Penata Musik Terbaik, Aghi Narottama membocorkan rahasianya berhasil membangun kengerian melalui musik dalam film Pengabdi Setan.

Ternyata, Aghi memiliki treatment khusus dalam pembuatan musik di film Pengabdi Setan. Dia mengunci diri dalam studio kerjanya. Kemudian, mematikan semua lampunya untuk merasakan sendiri kengerian dari musik yang sedang dibuatnya.

Pengabdi Setan (2017) Official Trailer (YouTube/Rapi Films)

"Sejak Pengabdi Setan, saya kerjain sendiri di rumah. Karena saya perlu waktu sendiri. Itu ngerjainnya tengah malam, lampu digelapin. Sampai kita udah ketakutan. Kalau kita udah ketakutan oke," ungkap Aghi saat bertandang ke kantor Jawa Pos, Jakarta, belum lama ini.

Menariknya, sebelum menyatakan pekerjaannya selesai, Aghi mengujinya dahulu pada sang istri. Apabila sang istri sudah ketakutan hinga menjerit, itu tandanya musik buatannya sudah berhasil.

Ditanya inspirasinya dalam membuat scooring musik, Aghi mengaku hanya mencoba mengikuti keinginan atau arahan dari sutradara. Sebab, sutradara yang mengetahui secara detil arah filmnya.

"Kita harus banyak diskusi dengan sutradara tentunya karena sutradara yang paling tahu ini musiknya mau dibawa kemana, style-nya mau seperti apa. Dengan banyak diskusi kita tinggal terjemahkan apa mau sutradara dan cerita film kita terjemahkan dalam bentuk notasi musik," pungkas Aghi.

Namun, untuk mendapatkan musik yang tepat, Aghi mengungkapkan tetap diperlukan riset dan pendalaman akan tema dan jalan cerita dari film itu sendiri. Contoh, film Pengabdi Setan berlatar tahun 70-an dan 80-an, maka musiknya harus disesuaikan dengan tahun tersebut.

Sebagaimana diketahui, Aghi diganjar Piala Citra untuk penataan musiknya di film Pengabdi Setan.

(str/JPC)

#aghi narottama #film pengabdi setan
SUMBER

Comments

comments

Leave a Reply

Skip to toolbar