22 Pemenang Akan Terima Piala Citra di Gelaran FFI 2018 Malam Ini

22 Pemenang Akan Terima Piala Citra di Gelaran FFI 2018 Malam Ini

JawaPos.com – Malam ini, Minggu (9/12), bertempat di Taman Ismail Marzuki, Festival Film Indonesia (FFI) akan dihelat. Sebanyak 22 Piala Citra akan dianugerahkan kepada 22 pemenang untuk 22 kategori dari berbagai bidang di industri perfilman. Mereka yang terpilih adalah yang dianggap kuat secara estetika dan budaya.

Penyelenggaraan ke-38 Festival Film Indonesia (FFI) itu akan dipandu oleh Rory Asyari dan Maudy Koesnaedi. Sementara untuk pembacaan nominasi akan dipandu oleh Ernest Prakasa, Meira Anastasia, Wulan Guritno, Marsha Timothy, Caitlin Halderman, Ari Irham, Dennis Adhiswara, Marini, Aimee Saras, Abimana Aryastya, Robby Ertanto, M.Adhiyat, Lukman Sardj, Nirina Zubir, Vino G. Bastian, Kelly Tandiono, Jajang C. Noer, Roy Lolang, Reza Rahadian, Marcella Zalianty, Mira Lesmana, Riri Riza, Dira Sugandi, dan Chand Parwez Servia.

Malam anugerah Piala Citra juga akan diramaikan dengan penampilan Dira Sugandi, Ayu Laksmi, dan Dea Panendra. Mereka akan menyanyikan lagu tema 'Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak'. Sementara Ario Bayu akan memerankan peran Sultan Agung.

Tak ketinggalan, Barry Likumahuwa bersama Swing Crewa Presents Lokananta Sounds dan Monita Tahalea yang menyanyikan soundtrack film 'Aruna dan Lidahnya'.

Bertema besar 'Film Bagus, Citra Indonesia', film-film yang masuk nominasi merupakan film yang menampilkan lanskap nusantara luas. Kekayaan narasi dan topik semakin luas mulai dari kuliner, spiritualitas, hingga perjuangan minoritas.

Diketahui, tahapan penjurian sendiri berlangsung pada 2-25 Oktober oleh rekomendasi asosiasi profesi dan komunitas, serta 10 juri mandiri di bawah komite penjurian. Setelah dibagi dalam setiap kategori nominasi oleh komite juri, selanjutnya pemenang akan ditentukan melalui sistem voting di bawah pengawasan konsultan publik independen, Deloitte Consulting.

"Malam ini semua pemenang, yang dinilai adalah karya hasil dipilih orang kredibel juga dan yang boleh memilih adalah mereka yang pernah masuk nominasi atau menang Piala Citra. Total 500 (yang berhak memilih) sejak 1955, namun voter tahun ini sekitar 150 orang," ungkap Ria Irawan selaku Komite Penjurian saat jumpa pers di Taman Ismail Marzuki, Minggu (9/12).

Tahun ini, sebanyak 110 film garapan sineas tanah air yang tayang di bioskop maupun tayangan berbayar dari 1 Oktober 2017-31 September 2018, masuk dalam penilaian Komite Juri FFI yang diketuai sutradara Nia Dinata.

(yln/JPC)

#festival film indonesia 2018 #ffi #piala citra
SUMBER

Comments

comments

Leave a Reply

Skip to toolbar