UMY dapatkan hibah bioskop keliling dari Kemdikbud

UMY dapatkan hibah bioskop keliling dari Kemdikbud

UMY dapatkan hibah bioskop keliling dari Kemdikbud

Selasa, 4 Desember 2018 22:25 WIB

Petugas menjelaskan manfaat mobil bioskop keliling di Bandung, Jawa Barat, Selasa (24/4/2018). Bioskop keliling yang akan berkeliling di enam wilayah di Jawa Barat tersebut bertujuan memberikan informasi dan nilai edukasi kepada masyarakat tentang kebudayaan lokal. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Mobil bioskop keliling menjadi penting kehadirannya agar dapat memfasilitasi kegiatan belajar masyarakat Yogyakarta (ANTARA News) – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mendapatkan hibah mobil bioskop keliling dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membantu sivitas akademika dalam melengkapi proses produksi film karya mereka.
"Mobil bioskop keliling itu akan menjadi sarana bagi banyak karya sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)," kata dosen Ilmu Komunikasi UMY Fajar Junaedi di Yogyakarta, Selasa.
Menurut dia, UMY memiliki beberapa komunitas yang bergerak dalam bidang perfilman, misalnya dalam tingkat universitas ada Unit Kegiatan Mahasiswa MM Kine Club dan di Ilmu Komunikasi ada badan semi-otonom CiKo (Cinema Komunikasi).
Selain itu juga ditambah dengan banyak mata kuliah di beberapa program studi yang menyertakan pembuatan karya berupa film sebagai tugasnya, dan hal tersebut konsisten dihasilkan setiap tahun.
"Contohnya, tahun ajaran ini pada mata kuliah reportase, kami melakukan kolaborasi dengan Sekolah Gunung Merapi untuk membuat film mengenai edukasi, inspirasi, dan wisata di daerah Dukuh Pangukrejo, Cangkringan, Sleman, DIY," katanya.
Ia mengatakan, ada beberapa tahap dalam proses produksi film, mulai dari pengembangan, produksi, distribusi hingga eksibisi film. Mahasiswa UMY sudah melakukan dua proses di awal dengan baik, namun untuk dua tahap akhir banyak yang mengalami kendala.
"Mobil bioskop keliling tersebut dapat menjadi salah satu sarana untuk melakukan distribusi dan eksibisi tidak hanya di dalam kampus tetapi juga di luar lingkungan kampus," kata Fajar.
Menurut dia, mobil bioskop keliling itu akan menjadi media untuk mendistribusikan film karya sivitas akademika UMY agar lebih mudah dinikmati oleh masyarakat luas sekaligus meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap film lokal.
"Film menjadi sarana edukasi yang penting karena media audio visual tersebut menuntut penontonnya agar fokus memperhatikan konten yang ada di dalamnya. Hal itu dapat dimanfaatkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dengan lebih efektif," katanya.
Misalnya, pada Program Studi Kedokteran yang memiliki Program Belajar Kesehatan Masyarakat, film dapat menjadi media yang "ampuh" dalam memberikan penjelasan kepada warga yang menjadi targetnya.
"Mobil bioskop keliling menjadi penting kehadirannya agar dapat memfasilitasi kegiatan belajar masyarakat sebagai bagian dari penerapan pengabdian UMY," kata Fajar.
Baca juga: Produksi film dokumenter mulai mengeliat
Baca juga: Film berperan besar dalam promosikan pariwisata Indonesia

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

  • TAGS:
  • bioskop keliling
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta umy
  • proses produksi film

Berita Terkait

LBI beri penghargaan kepada W.S. Rendra

4 Desember 2018 23:44

Trailer terbaru "Captain Marvel" tampilkan perang Kree-Skrull

4 Desember 2018 22:51

UMY dapatkan hibah bioskop keliling dari Kemdikbud

4 Desember 2018 22:25

Chicco Jerikho ketagihan main film action

4 Desember 2018 21:57

NH Dini Meninggal Dunia

4 Desember 2018 21:50

Sejumlah artis diduga jadi "endorse" kosmetik ilegal

4 Desember 2018 21:16

Chicco Jerikho merasa berubah setelah punya anak

4 Desember 2018 20:42

Novelis NH Dini meninggal dunia akibat kecelakaan

4 Desember 2018 19:29

Sineas Indonesia raih penghargaan di DigiCon6 Asia

4 Desember 2018 19:16

Oka Antara lakoni adegan berbahaya di "Foxtrot Six"

4 Desember 2018 18:49

Marvel akan buat film superhero Asia pertama

4 Desember 2018 18:16

Ribuan peserta terlibat Festival Pasraman Indonesia 2018

4 Desember 2018 16:24

Komentar

Kirim ×

Login

Username Password Tetap masuk Masuk Belum Daftar? Registrasi Login Dengan FACEBOOK TWITTER GOOGLE Tutup
ANTARA

Comments

comments

Leave a Reply

Skip to toolbar